Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Bandung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kabid Kesmavet: Jumlah Populasi Erat Kaitannya dengan Jumlah Kasus Rabies

  • Oleh Testi Priscilla
  • 26 September 2023 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Bidang Kesehatan Hewan Kesehatan Masyarakat Veteriner Pengolahan dan Pemasaran Hasil Ternak Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau DPKP Kota Palangka Raya drh Ganjar Priyatno mengatakan, jumlah populasi hewan, terutama Hewan Penular Rabies, erat kaitannya dengan jumlah kasus rabies.

"Hari Rabies Sedunia nanti kita akan melakukan program steril gratis, selain juga melaksanakan kegiatan vaksin rabies gratis. Steril kita lakukan untuk menekan populasi hewan terlantar atau liar," kata drh Ganjar pada Selasa, 26 September 2023.

Vaksin rabies gratis menurut Ganjar tetap laksanakan, bersamaan juga dengan pemberian vitamin dan pemeriksaan kesehatan.

"Namun kegiatan steril ini juga erat kaitannya dengan pengendalian kasus rabies," tegasnya.

Menurut Ganjar, jumlah populasi sangat erat kaitannya dengan jumlah kasus rabies. Karena semakin banyak hewan penular rabies, apalagi yang terlantar, maka kasus rabies juga kemungkinan akan lebih besar.

"Karena di Palangka Raya ini program vaksin rabies sudah dilakukan, bahkan sudah ada kader-kader yang siap datang ke rumah masyarakat untuk memberikan vaksin rabies secara gratis, makanya untuk Hari Rabies Sedunia kita laksanakan programnya steril gratis," tuturnya lagi.

Untuk pelaksanaan kegiatan menurut Ganjar, sesuai arahan Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, akan dilaksanakan pada 7 Oktober mendatang dan bukannya 28 September seperti biasanya. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru