Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasar Murah Mudahkan Masyarakat Penuhi Kebutuhan Pokok

  • Oleh Noor Annisa
  • 16 Oktober 2023 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Salah satu upaya pemerintah membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok di tengah gempuran harga bahan pokok yang semakin melambung adalah dengan menggelar kegiatan pasar murah.

Seperti halnya hari ini, dalam rangka Hari Pangan Sedunia tahun 2023, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kotawaringin Timur salah satu penyelenggara kegiatan Gerakan Pangan Murah Serentak se-Indonesia yang dilaksanakan di 34 Provinsi dan 256 Kabupaten.

"Gerakan pangan murah ini merupakan wujud komitmen pemerintah dan kepedulian terhadap masyarakat untuk menstabilkan harga dan memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kotim, M yusuf, Senin, 16 Oktober 2023.

Gerakan pangan murah merupakan operasi pasar murah yang menyediakan berbagai kebutuhan pangan pokok dengan harga terjangkau dengan memangkas rantai distribusi pangan.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaga keterjangkauan harga pangan, meningkatkan daya beli masyarakat, serta mengendalikan inflasi daerah. 

Yusuf menyebutkan, komoditas yang tersedia pada Gerakan Pangan Murah biasanya disediakan oleh lintas sektor, seperti beras dan gula pasir disediakan oleh Bulog. Minyak goreng kemasan disediakan oleh distributor. Bawang merah, bawang putih, cabai rawit , telur ayam ras dan ikan patin disediakan oleh pelaku usaha dan kelompok pembudidaya binaan Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan.

"Dapat dipastikan harga jual lebih murah dibandingkan dengan harga pasar karena rantai distribusi lebih pendek," jelasnya. (NOOR ANNISA/H)

Berita Terbaru