Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tanggung Jawab Kesehatan Ternak Didatangkan dari Luar Daerah Ada di Tangan Dinas

  • Oleh Testi Priscilla
  • 31 Oktober 2023 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bukan tanpa alasan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau DPKP Kota Palangka Raya mengecam pengusaha yang mendatang ternak dari luar daerah tanpa keterbukaan surat rekomendasi.

"Kalau memang untuk Palangka Raya silakan minta rekomendasi ke kami, tapi kalau untuk Gunung Mas misalnya atau Kasongan, ya jangan rekomendasi ke Palangka Raya," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat, Veteriner, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Ternak, DPKP Kota Palangka Raya, drh Ganjar Priyatno pada Selasa, 31 Oktober 2023.

Hal ini harus ditegaskan menurut Ganjar lantaran tanggung jawab mengenai kesehatan dari ternak yang diedarkan itu ada di tangan dinas yang memberi rekomendasi.

"Karena tanggung jawab kesehatan kan ada di kita juga kalau rekomendasinya dari kita. Tapi kalau rekomendasinya dari kita ternyata ternaknya diedarkan ke daerah lain dan Palangka Raya hanya persinggahan nah itu yang tidak benar," tegasnya.

Hal ini harus diperjelas menurut Ganjar lantaran ada informasi bahwa ada informasi terkait masuknya dari Bali.

"Mengingat Palangka Raya merupakan daerah perlintasan kami juga tidak mau gegabah menyimpulkan bahwa babi yang dibawa bertruk-truk menurut laporan warga itu adalah pasokan untuk Kota Cantik," katanya.

Karena berdasarkan rekomendasi yang memang dikeluarkan oleh DPKP Palangka Raya, hanya 300 ekor babi yang diijinkan dipasok untuk Kota Palangka Raya.

"Jadi kalau katanya ada bertruk-truk sampai 600 ekor sementara rekomendasi kita hanya 300, itupun harus diangkut dalam dua kloter masing 150, maka yang 600 itu untuk kemana Kalau kita ngomong Palangka Raya nanti nyatanya di sini cuma persinggahan doang, gitu kan susah," tuturnya.(TESTI PRISCILLA/j) 

Berita Terbaru