Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbun Kalteng: Satgas Sawit Berperan Menyelesaikan Tata Kelola Perkebunan

  • Oleh Marini
  • 06 Desember 2023 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Satgas sawit di Kalimantan Tengah (Kalteng) berperan besar dalam rangka penataan tata kelola perkebunan sawit di provinsi setempat.

Plt Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi kalteng Rizky Ramadhana Badjuri mengatakan, hal tersebut sebagai fokus menyelesaikan berbagai masalah, terutama terkait tata kelola perkebunan kelapa sawit di lapangan.

"Pada tahapan ini menjadi role model penyelesaian masalah. Kita kemaren sedang berjuang ada tahapan satgas sawit, penyelesaian terhadap diluar HGU. Satgas sawit menyelesaiannya terlebih dahulu baru sisanya kita," katanya, Selasa, 5 Desember 2023.

Ia juga mengutarakan satgas sawit berasal dari pemerintah pusat, dan segala kebijakan menunggu dari pusat. Dalam hal ini juga diselesaikan secara bersama-sama dengan menghubungkan semua pemangku kepentingan.

"Satgas sawit ini dari pusat. Dan kita didaerah ini hanya menunggu perintah dari pusat dan hal ini tidak akan lama lagi. Baik itu dari corporate, kebun rakyat dan sebagainya itukan lagi diprogres secepatnya lah," tuturnya.

Ia juga memberitahukan, beberapa waktu yang lalu satgas sawit ingin mengekspos Kalteng. Dan pihaknya masih menunggu kapan dilaksanakan hal tersebut. Untuk menentukan hasil lalu keputusannya seperti apa kedepannya.

"Karena itu link dari Kementrian Pertanian, KLHK, dan beberapa kementrian. Besar harapannya mudah-mudahan masyarakat ada hasil dari musyawarah dan mufakat menuju ke hal yang baik," tutupnya. (MARINI/H) 

Berita Terbaru