Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemukiman Rawan Terdampak Bencana Perlu Ditata Ulang

  • Oleh Donny Damara
  • 22 Desember 2023 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Banyaknya rumah warga masyarakat khususnya di Kalteng yang berada di wilayah rawan terdampak bencana seperti banjir hingga kebakaran menjadi perhatian DPRD Kalteng.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kalteng, Tomy Irawan mengatakan pemukiman rawan terdampak bencana hendaknya perlu ditata ulang oleh pemda untuk memberikan keamanan serta kenyamanan kepada masyarakat.

"Utamanya pemukiman yang berada di bantaran DAS serta padat penduduk, itu perlu ada upaya penataan ulang agar nantinya masyarakat tidak lagi terdampak bencana," ucapnya, Jumat, 22 Desember 2023.

Ia mencontohkan seperti halnya di Kota Palangka Raya yaitu kawasan pemukiman di Mendawai, Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya sangat rawan terdampak banjir ketika DAS Kahayan meluap.

"Begitu juga kebakaran sering terjadi disana, ini perlu diperhatikan. Harus ada kajian terkait pentaan ulang kawasan itu, dan untuk teknisnya pemda pastinya memiliki planning seperti apa kedepan," ujarnya.

Dirinya berharap, keamanan serta kenyamanan masyarakat tinggal disuatu wilayah dapat menjadi salah satu perhatian serius pemda, sehingga nantinya dampak kejadian bencana tidak selalu dirasakan setiap saat.

"Ini sangat penting untuk diperhatikan, apabila memang penataan sulit dilakukan bisa dipikirkan program relokasi ketempat yang lebih aman dari bencana. Namun sebelum itu harus ada pendekatan pesuasif kepada masyarakat," imbuhnya. (DONNY D/j)

Berita Terbaru