Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diskominfo Palangka Raya Beri Tips Jika Terkena Malware Saat Browsing

  • Oleh Pathur Rahman
  • 04 Maret 2024 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Statistik Persandian (DiskominfoSP) Palangka Raya Saipullah, memberikan tips bagi masyarakat jika terkena malware saat browsing di internet.

Menurutnya, ada tiga hal yang harus dilakukan oleh masyarakat untuk menghindari kerugian akibat Malware yang lebih besar.

"Malware adalah perangkat lunak jahat yang dapat merusak atau mencuri data dari perangkat kita. Jika kita asyik melakukan browsing tiba-tiba malah kepencet link malware, kita harus segera bertindak," ujar Saipullah, Senin, 4 Maret 2024.

Tiga hal yang harus dilakukan adalah. Matikan saluran Wifi atau internet untuk mencegah pelaku mengambil dan mengirim data dari perangkat satu ke perangkat lainnya.

Hapus riwayat browser internet dan bersihkan cache penyimpanan perangkat. Lakukan pemindaian antivirus dan perbaikan sistem operasi jika perlu.

Saipullah mengatakan, tips ini penting untuk diterapkan agar masyarakat dapat menjaga keamanan dan privasi data mereka saat menggunakan internet. Ia juga mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam mengklik link yang tidak diketahui sumbernya.

"Kita harus selalu waspada dan cerdas dalam menggunakan internet. Jangan mudah tergiur dengan tawaran atau informasi yang tidak jelas. Selalu gunakan antivirus yang terpercaya dan rutin memperbarui sistem operasi kita," pesan Saipullah. (PATHUR/H)

Berita Terbaru