Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hasil Peninjauan: 22 Hektar Lahan Pertanian di Palangka Raya Terdampak Banjir

  • Oleh Pathur Rahman
  • 14 Maret 2024 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Palangka Raya, Sugianto, telah melakukan inspeksi terhadap kondisi lahan pertanian yang terdampak banjir di sejumlah kelurahan.

Dari hasil peninjauan bersama penyuluh pertanian Palangka Raya, sekitar 22 hektar lahan pertanian produktif terdampak banjir.

Di Kelurahan Kalampangan, banjir telah merendam 15 hektar lahan pertanian. Kemudian di Kelurahan Tanjung Pinang 1,5 hektar lahan terdampak, Kelurahan Bukit Tunggal 2 hektar, Kelurahan Palangka dan Menteng masing-masing 0,25 hektar dan Kelurahan Tumbang Tahai 3 hektar. Lahan-lahan ini umumnya digunakan untuk budi daya hortikultura.

"Akibat kejadian ini, diperkirakan 295 petani dan 17 kelompok tani (Gapoktan) mengalami kerugian. Pemerintah sedang berupaya untuk menilai kerusakan dan memberikan dukungan kepada para petani yang terkena dampak banjir," ungkapnya, Kamis, 14 Maret 2024.

Sugianto menekankan pentingnya penanganan cepat dan tanggap untuk memulihkan lahan pertanian agar produksi pangan tidak terganggu secara signifikan, dan bisa tetap produktif lahannya.

"Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan juga berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengembangkan strategi mitigasi guna mengurangi risiko banjir terutama di lahan pertanian," pungkasnya. (PATHUR/Y)

Berita Terbaru