Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Instruksikan Pengelolaan Sampah di Palangka Raya Segera Dibenahi

  • Oleh Marini
  • 16 Maret 2024 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran mengintruksikan, Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu beserta jajaran yang berwenang menangani kebersihan agar setiap hari, petugas dapat menyapu jalan dimulai pukul 04.00 WIB. 

Hal ini selaras dengan, Kota Palangka Raya mendapatkan Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut, mengkritik sekaligus mengingatkan agar pengelolaan sampah segera dibenahi. 

Itu disampaikan karena dirinya kerap kali menemukan banyak sampah berserakan, baik itu dipusat kota maupun gang perumahan masyarakat.

"Saya minta jam 4 pagi itu petugas kebersihan sudah beroperasi di jalan, dan bagi yang muslim berpuasa dapat rolling dengan yang beragama lainnya. Hal ini agar penghargaan yang didapat selaras dengan kenyataan di lapangan," intruksinya, Sabtu, 16 Maret 2024.

Dirinya juga menyatakan bahwa, sampah-sampah yang kerap hayut di bantaran sungai maupun sekitar pengaringan atau selokan harus bersih agar tidak menyumbat saluran air.

"Saya kerap kali melihat ada sampah di selokan maupun sekitar sungai kita ini. Saya harap, itu segera dibersihkan serta masyarakat juga sadar akan menjaga lingkungan. Supaya penghargaan Adipura ini tidak hanya selogan semata," tegasnya.

Gubernur menambahkan, pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI bisa lebih selektif dalam menentukan maupun penilaian. Sebab, dirinya mengangap, penghargaan Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota sesuai kategori berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. (MARINI/Y)

Berita Terbaru