Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dishub Kobar Gelar Ramp Check Pastikan Kendaraan Angkutan Penumpang Laik Jalan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 01 April 2024 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Perhubungan (Dishub) Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar ramp check kendaraan angkutan penumpang, sekaligus pemeriksaan urine sopir dan kru beberapa hari lalu. Itu dilakukan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang mudik pada angkutan lebaran 1445 H.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Jalan Nur Soleh, Senin, 1 April 2024 menjelaskan, kegiatan tersebut juga melibatkan personel Satlantas Polres, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kobar dan personel Terminal Natai Suka Pangkalan Bun.

"Saat itu (28 Maret 2024) di terminal Natai Suka, kami melakukan pemeriksaan teknis laik jalan pada 4 unit kendaraan penumpang jenis bus sebelum kendaraan tersebut berangkat  dengan rute Pangkalan Bun - Sampit - Palangka Raya," jelas Nur Soleh.

Menurut Nur Soleh, pemeriksaan yang dilakukan diantaranya pemeriksaan teknis laik jalan kendaraan dan dokumen trayek oleh Personel Dishub.

"Kemudian pemeriksaan dokumen atau surat-surat kendaraan dan sopir oleh Personel Satlantas Polres Kobar, serta pemeriksaan urine sopir dan crew oleh personel BNNK Kobar," jelas Nur Soleh.

Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Dwi Wijaya yang juga hadir pada giat ramp check melaporkan bahwa empat unit bus telah dilakukan pemeriksaan teknis laik jalan.

"Keempat unit bus telah dilakukan pengecekan langsung dan kondisi kendaraan seperti rem, lampu, ban, dan lainnya dalam keadaan baik dan laik jalan, serta kelengkapan-kelengkapan emergency pada kendaraan seperti APAR, palu pemecah kaca, dan P3K juga tersedia," jelas Dwi Wijaya.

Selain melakukan pemeriksaan teknis laik jalan dan dokumen kendaraan, pada giat tersebut juga dilakukan pemeriksaan urine pada awak kendaraan yakni sopir berserta kru oleh pihak BNNK Kobar.

Personel pemeriksa urine dari BNNK Kobar melaporkan bahwa hasil tes urine  awak kendaraan yaitu sopir dan kru dari 4 unit bus yang berangkat, menunjukkan hasil negatif dari kandungan narkotika. (WAHYU KRIDA/Y)1

Berita Terbaru