Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPMD Kotim Gandeng Pendamping Desa Bantu BUMDes Urus Legalitas

  • Oleh ANTARA
  • 18 April 2024 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, menggandeng para pendamping desa untuk membantu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di daerah setempat mengurus legalitas badan usaha.

"BUMDes itu sangat potensial untuk dikembangkan dan hasilnya bisa membantu keuangan desa serta masyarakat. Oleh karena itu, kami mendorong agar BUMDes dikelola secara serius," kata Kepala DPMD Kotawaringin Timur Raihansyah di Sampit.

Saat ini ada sekitar 80 BUMDes di Kotawaringin Timur, namun sebagian belum memiliki legalitas atau badan hukum. Untuk itu, ia mendorong agar pengurusan legalitas dapat dilakukan sehingga usaha yang dijalankan berjalan lancar serta optimal.

"Kami mendorong pemerintah desa mengembangkan BUMDes secara optimal sehingga membawa keuntungan bagi desa dan masyarakat," ujarnya.

Menurut Raihansyah, keberadaan BUMDes merupakan salah satu peluang dalam upaya memajukan desa. Potensi ekonomi yang ada di desa bisa digali dan dioptimalkan melalui BUMDes sehingga manfaatnya juga bisa dirasakan oleh masyarakat.

"Banyak sektor peluang ekonomi yang bisa dijalankan oleh BUMDes, seperti perdagangan, sektor jasa, pariwisata dan lainnya. Potensi besar yang juga bisa digali adalah kemitraan BUMDes dengan perusahaan besar seperti perusahaan perkebunan kelapa sawit, pertambangan maupun kehutanan," katanya.

Ia mengatakan, saat ini ada beberapa BUMDes di Kotawaringin Timur yang perkembangannya cukup bagus. Dari hasil usaha BUMDes, pemerintah desa setempat mampu menjalankan program yang patut diapresiasi, seperti membantu insentif ketua RT, insentif guru mengaji, dan kegiatan lainnya.

"Jika BUMDes dikelola secara optimal dan mampu menghasilkan pendapatan yang besar, bukan hal mustahil jika nantinya BUMDes dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, seperti melalui bantuan sembako atau dalam bentuk lain," ujarnya.

Ia menyebutkan pada tahun 2023, BUMDes Nusantara Jaya Mandiri milik Pemerintah Desa Bapeang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dipercaya mewakili Kabupaten Kotawaringin Timur pada lomba tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

"Bapeang dipilih, di antaranya karena BUMDes di Bapeang ini sudah berbadan hukum. Selain itu, BUMDes di sini juga sudah menghasilkan PADes (pendapatan asli desa) dan semakin maju," kata Raihansyah.

Berita Terbaru