Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Merangkai Sistem Pendukung Pariwisata di Sekitar IKN

  • Oleh ANTARA
  • 17 Mei 2024 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Penajam - Kalimantan Timur sebagai rumah Ibu Kota Nusantara (IKN) kini menjadi sorotan. Prospek investasi beragam sektor jelas bukan isapan jempol.

Dengan perkiraan migrasi penduduk yang datang, beragam institusi pelayanan publik pun tak hanya gencar dibangun oleh Pemerintah, namun jua didukung oleh geliat infrastruktur swasta. Sektor pariwisata sekitar IKN pun bakal diincar oleh investor.

Sadar akan magnet IKN, Kaltim tengah memoles permata-permata wisata untuk menangkap peluang tersebut. Tentu dengan membangun sistem pendukung pariwisata di wilayah sekitar Ibu Kota Nusantara.

Kaltim tak melulu soal pembangunan dan IKN. Bayangkan hamparan hutan hujan tropis yang lebat, sungai-sungai yang mengalir meliuk, pantai pasir putih yang membentang dengan biota yang langka nan eksotis, dan tentunya kekayaan budaya yang memesona. Ini semua ada di Kaltim.

Bagi pecinta adrenalin, Kaltim menawarkan pengalaman arung jeram yang menantang di hulu Sungai Mahakam. Merasakan detak jantung berpacu saat menyusuri jeram dan menikmati pemandangan hutan tropis yang memukau di sepanjang sungai. Belum lagi keberadaan Derawan, kepulauan dengan taman laut menawan dan spot diving yang spektakuler. Jajaran terumbu karang yang berwarna-warni dan biota laut yang beragam siap membuat takjub.

Tak hanya kaya alam, Kaltim juga kaya akan budaya etnik. Di sinilah wisatawan merasakan keramahan penduduk lokal yang masih memegang teguh tradisi. Menyaksikan tari-tarian komunal ala Dayak yang memukau dan upacara adat panen padi yang sakral. Tak lupa kuliner khas Kaltim yang kaya rempah dan menikmati sensasi kesegaran hasil laut Kalimantan adalah hal wajib untuk dicicipi.

Dinas Pariwisata Kaltim tak tinggal diam. Mereka tengah membangun sistem pendukung untuk meningkatkan pariwisata di wilayah penyangga IKN.

"Kolaborasi dengan pemerintah kabupaten/kota, pelatihan SDM pariwisata, dan pengembangan paket wisata yang menarik dan terjangkau, menjadi fokus utama," ungkap Ririn Sari Dewi, Kepala Dinas Pariwisata Kaltim.

Tujuan dari misi ini tak lain menjadikan pariwisata Kaltim sebagai sektor unggulan yang berkelanjutan dan inklusif.

Menggali pesona IKN

Dalam menggali pesona pariwisata di wilayah IKN, Pemerintah Kalimantan Timur menyingkap tirai pesona di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) bertajuk Familiarization Trip (Famtrip) Paradise of East. Menggandeng para mitra pariwisata, termasuk jurnalis, duta pariwisata, dan pemengaruh atau influencer--Famtrip ini menjelajahi kekayaan alam dan budaya PPU selama tiga hari.


TAGS:

Berita Terbaru