Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Optimis Kontingen Gunung Mas Bisa Raih Banyak Medali di FBIM 2024

  • Oleh Riska Yulyana
  • 17 Mei 2024 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing optimis Kontingen Kabupaten Gunung Mas bisa meraih banyak medali di Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang dilaksanakan pada 18-23 Mei 2024 di Kota Palangka Raya.

"Kami optimis kita mendapatkan banyak medali di FBIM 2024, dari 8 cabang lomba yang kita ikuti, kami berharap minimal kita dapat 7 medali emas," ujar Efrensia, Jumat, 17 Mei 2024.

Selanjutnya, dia berharap peserta FBIM asal Gunung Mas dapat menampilkan karya seni dan budaya terbaik yang mengangkat kearifan lokal dan budaya daerah Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) sekaligus ketua panitia Elkewirke menjelaskan bahwa ada 8 mata lomba yang diikuti oleh kontingen Kabupaten Gunung Mas.

"Delapan mata lomba tersebut yakni, lomba karnaval budaya, lomba tari daerah, lomba karungut kategori putra dan putri, lomba jukung tradisional kategori putra dan putri, lomba habayang kategori putra dan putri, lomba balogo kategori putra dan putri, lomba lawang sakepeng kategori putra dan putri, lomba pemilihan jagau dan bawi nyai Kalimantan Tengah," jelasnya.

Adapun jumlah kontingen Kabupaten Gunung Mas yang mengikuti Festival Budaya Isen Mulang di Palangka Raya sebanyak 84 orang terdiri dari panitia inti, koordinator seksi-seksi, pendamping lomba, pelatih lomba, dan peserta lomba.

Dia berharap, melalui kegiatan FBIM itu bisa melestarikan olah raga tradisional masyarakat Dayak Kalimantan Tengah, memperkenalkan kearifan budaya lokal, dan juga sebagai wadah bagi seniman untuk dapat menampilkan kreatifitas khas masing-masing daerah sehingga dapat memotivasi untuk terus berkreasi dan berprestasi. (RISKA YULYANA/Y)


TAGS:

Berita Terbaru