Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalan Yos Sudarso Palangka Raya Ditertibkan

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 01 Agustus 2016 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Penertiban bangunan di Jalan Yos Sudarso segera dilakukan sesuai garis sempadan bangunan (GSB). Tahun ini, menyasar sebelah kanan dari Bundaran Besar. Mulai dari Jalan Damang Salilah, tak jauh dari stadion Universitas Palangka Raya (Unpar), hingga Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) sekitar lampu merah seberang Hotel Dandang Tingang. 

Kegiatan itu telah diputuskan pengerjaannya paling lambat akhir Agustus 2016 sudah berlangsung. Sementara dari titik tersebut menuju Gerbang Utama Unpar serta seberangnya termasuk Metoz, akan dilakukan pada 2017. Tujuannya, optimalisasi penggunaan ruang untuk taman kota, serta untuk optimalisasi pelebaran jalan di kawasan tersebut guna menghindari kemacetan di masa mendatang.

Pekerjaan tersebut, juga dalam rangka melanjutkan pembangunan Boulevard Yos Sudarso yang kini sudah berdiri di sepanjang kiri dari Bundaran Besar. Sejumlah pihak termasuk di antaranya pedagang kuliner malam diajak rapat mengenai rencana penertiban itu di ruang PK I, Senin (1/8/2016).

'Sudah bersepakat dengan masyarakat setempat, area itu digunakan taman Yos Sudarso sesuai rencana Pemkot, sehingga ini adalah sebagai komitmen bersama. Agustus ini sudah mulai jalan pengerjaannya,' kata Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Perumahan (Disciptarum) Rojikinnor.

Sesuai pengembangan kota, lanjutnya, kawasan tersebut akan disulap sebagai sarana publik yang menyuguhkan alternatif berwisata tengah kota. Sehingga, dengan taman kota atau Boeulevard mampu ambil bagian dalam mewujudkan motto Palangka Raya Kota Cantik. Anggaran Rp20 miliar disiapkan, itu termasuk penyiapan Yos Sudarso Ujung untuk area kuliner malam.

'Untuk yang seberangnya, perintah wali jelas. Karena itu saya akan inventarisir tahun ini, lalu kita surati, berikutnya tim apraisal menilai. Kita anggarkan 2017 lalu kita laksanakan. Itu nanti pelebaran jalan ditertibkan sampai ke Metoz (Hypermart),' tegas Rojikin.

Sementara Walikota Riban Satia dan Wakil Walikota Mofit Saptono Subagio yang langsung mengarahkan rapat dengan warga tersebut, menegaskan agar perencanaan dilaksanakan dengan matang. Ia tegas meminta Rojikinnor dan salah satu kepala bidang yang membawahi proyek penertiban tersebut, Imbang Triatmaji agar memproyeksikan kapan dimulai dan kapan berakhir sehingga memberikan kepastian kepada pelaku usaha di sekitar area yang ditertibkan itu.

'Itu kan mulai kita bangun, kapan mereka (pelaksana) masuk di lokasi itu dan kapan waktunya selesai pembangunan agar di estimasi dengan baik,' perintah Riban. (ROZIKIN/m)

Berita Terbaru