Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Distanak Sukamara Kembangkan Ternak Kambing

  • Oleh Norhasanah
  • 05 September 2016 - 14:25 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Sukamara mengembangkan ternak jenis kambing, mengingat ternak tersebut masih kurang diminati masyarakat. Distanak berusaha merangsang masyarakat mau memelihara kambing. Ke depan pihak dinas membangun kawasan pengembangan tenak kambing, yang akan dipelihara oleh dinas, dikelola oleh kelompok peternak.

'Kawasan ternak kambing terlebih dulu kita bangun dalam kota Sukamara, sebagai percontohan agar mudah mengontrol. Apabila ini berhasil tentunya akan kita kembangkan lagi,' kata Kabid Peternakan Distanak Sukamara, Maruli, akhir pekan lalu.

Untuk mendukung keberhasilan dalam bidang peternakan, Dinas Pertanian dan Peternakan Sukamara telah mendidik tiga orang di bidang peternakan, dengan harapan ketiganya dapat mendampingi kelompok peternak di Kabupaten Sukamara.

'Tiga orang tersebut sudah kita kirim ke Balai Diklat Ternak, di Banjar Baru. Kita harapkan setelah pendidikan selesai mereka bisa mendampingi kelompok ternak dan peternakan di Sukamara akan semakin maju' harap Maruli.

Rendahnya minat masyarakat Sukamara dalam memelihara kambing, karena sulitnya pemeliharaan jika dibanding dengan memelihara sapi, sebab untuk pembuatan kandang pun peternak harus membuat kandang panggung.

'Pemeliharaannya memang sedikit berbeda dengan pemeliharaan sapi, namun untuk makan sapi dan kabing sama saja' ucap Kabid Peternakan.

Saat ini jumlah populasi ternak kambing di Sukamara sudah mencapai 700 ekor, dan diharapkan dengan adanya pembuatan kawasan ternak kambing akan meningkatkan peternakan kambing di Sukamara. (NORHASANAH/N).

Berita Terbaru