Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotim Bakal Miliki Pabrik Tepung Berbahan Dasar Kelapa

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 Maret 2017 - 13:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pabrik tepung berbahan dasar kelapa akan dibangun di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Hal itu mengemuka pascakedatangan investor ke daerah tersebut.

"Ada investor yang akan membangun pabrik kelapa untuk produksi tepung," kata Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Kotim, Halikinnoor, Kamis (2/3/2017).

Keinginan investor tersebut diharapkan memberi dampak positif terhadap petani kelapa, yang terpusat di wilayah Selatan kotim. Selama ini, hasil panen kelapa hanya sebatas diolah menjadi kopra atau dijual per biji ke pengepul.

Jika operasional, pabrik tersebut nantinya akan menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak. Dalam sehari, dibutuhkan sekitar 150.000 butir kelapa untuk produksi di pabrik.

"Mudah-mudahan berpengaruh pada peningkatan ekonomi petani," kata Halikinnoor.

Selain itu, Halikin menginginkan minat masyarakat untuk membudidayakan kelapa bisa tumbuh kembali, dan mengurungkan niatnya beralih ke perkebunan kelapa sawit.

Untuk diketahui, kawasan Selatan merupakan daerah penghasil kelapa terbesar di Kotim yakni meliputi empat kecamatan, Mentaya Hilir Utara, Mentaya Hilir Selatan, Teluk Sampit dan Pulau Hanaut. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru