Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kekurangan Alat Pemadam Portable Karhutla Dianggarkan dalam Perubahan

  • Oleh Cecep Herdi
  • 17 April 2017 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kurangnya alat pemadam kebakaran portable yang dimiliki Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) akan menyulitkan pemadaman api di lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Padahal tahun ini diperkirakan musim kemarau akan mulai pada Juni mendatang. Mengatasi hal ini pihak terkait akan menganggarkannya para perubahan anggaran mendatang.

"Alat portable kita saat ini masih mencukupi karna dibantu dipersiapkan juga dari perusahaan. Namun jika persediaan kita kurang, tambahan ya di anggaran perubahan akan kami ajukan," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar, Hermon F Lion, Senin (17/4/2017).

Sementara ini, imbuh dia, bagi sejumlah desa yang belum memiliki alat penanganan Karhutla seperti alat pemadam api portable diharapkan dapat dianggarkan dari Anggaran Dana Desa (ADD).

"Kita minta pemerintah desa untuk membantu pengadaan alat portabel ini dari ADD, supaya penanganan karhutla cepat," katanya.

Ia menyontohkan pada 2015 lalu di mana Karhutla di Kobar terjadi sangat menghawatirkan. Banyak titik api yang sulit terjangkau oleh mobil pemadam. Api yang membakar semak dan pohon-pohon itu baru bisa dipadamkan menggunakan alat portable.

"Alat portable sendiri berguna untuk penanganan lebih cepat jika ada lokasi lahan yang terbakar dan sulit terjangkau oleh mobil pemadam kebakaran," ujarnya. (CECEP HERDI/B-5)

Berita Terbaru