Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Diminta Hati-hati Beraktivitas di Sungai Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 Januari 2018 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Warga Kabupaten Katingan diminta berhati-hati saat melaksanakan aktivitas di Sungai Katingan. Pasalnya daerah aliran sungai (DAS) Katingan sejak beberapa hari terakhir meluap di sejumlah wilayah kecamatan.

Imbauan ini disampaikan Kapolres Katingan AKBP Ivan Adhityas Nugraha kepada borneonews.co.id Sabtu (13/1/2018). "Kami mengimbau kepada seluruh warga agar berhati-hati saat melaksanakan aktivitas di Sungai Katingan, sebab saat ini sungai dalam keadaan pasang, dan di beberapa tempat airnya sudah mulai meluap ke permukaan," kata Kapolres Ivan.

Kapolres menggambarkan, misalnya kepada warga yang tengah mencari ikan dengan menggunakan jukung tanpa mesin atau menggunakan kelotok bermesin. Mereka harus berhati-hati saat menyusuri sungai. Sebab kadang terjadi angin ribut yang bisa menyebabkan kelotok atau jukung terombang ambing.

"Makanya untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan saat cuaca buruk terjadi hujan disertai angin misalnya, warga yang melakukan aktivitas di Sungai Katingan agar cepat kembali pulang atau beristirahat di tempat aman," katanya.

Selain itu, Kapolres juga mengimbau kepada pengusaha jasa penyeberangan yang ada di Sumgai Katingan agar mematuhi ketentuan yang sudah ditetapkan. Jangan membawa penumpang atau barang yang melebihi kapasitas.

Pun demikian kepada para nelayan yang ada di Perairan Pagatan yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa, Kapolres Ivan juga meminta nelayan berhati-hati. "Jangan melaut kalau terjadi gelombang besar, ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan oleh kita semua," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru