Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawang Dayak Miliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 25 Februari 2018 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Ada banyak manfaat yang dihasilkan bawang Dayak, terutama untuk kesehatan. Salah satunya bisa mengobati kanker payudara.

Demikian disampaikan Juwariyah, pemilik toko tanaman hias di Jalan Bhayangkara, Km 5, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat.

"Bawang Dayak memang mirip seperti tanaman bawang merah. Akan tetapi bawang Dayak lebih sebagai obat herbal yang memiliki banyak manfaat. Bawang Dayak juga bisa sebagai obat diabetes, stroke, kanker usus, dan masih banyak lagi lainnya," kata perempuan yang biasa dipanggil Ibu Ayu ini, Minggu (25/2/2018).

Bawang Dayak biasanya dikonsumsi dengan cara dikeringkan dan diseduh air panas, lalu diminum.

Selain itu, bawang dayak juga bisa diseduh langsung. Caranya, diiris tipis-tipis lalu masukkan ke dalam gelas, tambahkan air panas, kemudian tutup rapat. Biarkan hingga hangat lalu diaduk.

"Kalau mau manfaat yang bagus, bawang Dayak bisa dikonsumsi tiga kali sehari dari pagi, siang, dan malam. Biasanya masyarakat menggunakan umbinya untuk dikonsumsi sebagai obat tradisional alami yang memiliki banyak khasiat," ucapnya.

Mengenai cara menanamnya, sama saja dengan membudidayakan bawang merah, yakni dengan menggunakan umbi.

Rasa dari bawang Dayak juga hampir sama dengan bawang merah. (HARDI/B-3)

Berita Terbaru