Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orang Tua Harus Aktif Bersosial Media untuk Awasi Pergaulan Anak

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 22 Mei 2018 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Orang tua harus aktif bersosial media agar mengawasi pergaulan anak. Seperti halnya anak berkenalan dengan seseorang, minimal anak harus selfi dengan orang tersebut dan memberi kabar kepada orang tuanya melalui sosial media bahwa dia memiliki teman baru.

"Sehingga orang tua akan bertanya dia berasal dari mana, sekolah dimana dan orang tuanya siapa. Hal itu dilakukan agar orang tua bisa mengawasi anak tanpa perlu khawatir dia berada di mana," kata Kabid Penyelenggara E-Government Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas Nazmiannoor, Selasa (22/5/2018).

Orang tua juga harus memberikan cara bermedia sosial yang baik dan benar. Seperti halnya menyebarkan suatu informasi yang bersifat privasi sebagai contoh gambar yang ada di media sosial yang mengandung unsur sadis seperti luka dan lainnya, anak harus diberi pengertian bahwa menyebarkan gambar tersebut tidak baik.

"Karena sosial media tersebut digunakan oleh orang banyak, bukan hanya orang dewasa akan tetapi juga anak-anak. Selain itu, anak-anak juga harus diberikan pengertian tentang plagiator. Apabila dia menyalin dan memindahkan tulisan orang lain tanpa izin maka itu perbuatan tidak baik meskipun tulisan tersebut baik," ucapnya.

Sehingga orang tua itu harus terlibat aktif dalam kehidupan anaknya baik itu bersosial media maupun hal lainnya. Harapannya, apabila anak sudah menjalin komunikasi terhadap orang tuanya, anak akan perlahan-perlahan paham cara bersosial media yang baik dan benar. (HARDI/B-2)

Berita Terbaru