Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur: PAD Besar Lebih Mudah Untuk Membangun Kalteng

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 28 Juni 2018 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Membangun daerah dengan sumber dana pendapatan asli daerah (PAD) diyakini lebih mudah dalam mengatur penggunaannya, karena itu PAD harus terus naik.

Demikian ditandaskan Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran. Saat kurun dua tahun menjabat, dia bersyukur telah berhasil melakukan peningkatan PAD sebesar Rp500 miliar lebih.

“Kita ada peningkatan Rp500 miliar menjadi Rp1,3 triliun. PAD ini harus terus digenjot supaya mudah dalam mengelola pembangunan di daerah. Tapi upaya menggenjot ini memang tidak mudah,” ucapnya.

“Dengan peningkatan PAD Rp 500 miliar ini telah kita rasakan yaitu mudah mengatur dan berani membuat pekerjaan sistem multiyears misalnya,” beber Sugianto, Kamis (28/6/2018).

Dia mencontohkan bagaimana membuat aturan tentang sumbangan sukarela pihak ketiga (SPK) yang direalisasikan dalam bentuk peraturan gubernur (Pergub).

Produk hukum yang berupa Pergub 27 Tahun 2017 kala itu meski niatnya untuk akselerasi pembangunan Kalteng yang luas ini dipermasalahkan sejumlah pihak.

“Tapi Pergub SPK ini sudah dilakukan koordinasi dengan tim Saber Pungli, Mendagri dan KPK sudah disetujui dengan beberapa perubahan,” terangnya.

“Jika penaikan PAD yakni bertambah Rp 800 miliar lagi menjadi total PAD Rp2 triliun lebih, maka akan lebih mudah lagi membangun di daerah, termasuk di kabupaten/kota yang ingin minta bantuan, silahkan ajukan kepada kami di Musrenbang dan akan kami perhatikan,” tutupnya. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru