Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Semangat Pemekaran Kotawaringin Utara dari Warga Daerah Utara Kotim Tinggi

  • Oleh Naco
  • 25 September 2018 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo menyebut semangat pemekaran Kotawaringin Utara (Kotara) dari warga di daerah Utara Kotim sangat tinggi. 

"Kami melihat semangat itu dilatarbelakangi oleh perasaan senasib dan sepenanggungan dengan tujuan untuk percepatan pembangunan," kata Handoyo, Selasa (25/9/2018)

Handoyo sangat mengerti dan memahami kemauan dari warga Kotim bagian utara. Mereka sangat jauh tertinggal dari segi pembangunannya karena kondisi anggaran yang sangat tidak ideal untuk membiayai Kotim dengan luasan 16.000 kilometer persegi ini.

"Siapapun pemimpin Kotim ini jika kondisi anggaran masih kecil maka sulit untuk mencapai rasa keadilan bagi warga pedalaman Kotim," tukasnya.

Untuk mencapai pemerataan pembangunan, kata dia, minimal APBD Kotim ini harus di angka Rp4 triliun sampai Rp6 triliun. Dengan itu, ia yakin jika APBD masih di kisaran Rp2 triliun belum mampu menjawab apa yang dibutuhkan warga di pedalaman. 

"Jangankan untuk mencapai Rp1 triliun, untuk Rp500 miliar saja mendukung pembangunan kita sulit sekali, karena APBD kita ini 50 persen itu untuk belanja pegawai," tandasnya

Maka dari itu, dengan adanya pembentukan daerah otonom baru, harapannya Kotara akan mendapatkan kucuran dana dari pemerintah pusat. Dana itu tertuang dalam DAK dan DAU sendiri sehingga tidak lagi tergantung dengan kabupaten induk. (NACO/B-2)

Berita Terbaru