Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Investor Thailand Lirik Cangkang Sawit di Aceh

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 05 Desember 2018 - 09:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Melimpahnya produksi kelapa sawit Indonesia telah menggoda banyak investor asing untuk 'bermain' di industri ini. Salah satu datang dari Thailand yang ingin memanfaatkan cangkang buah sawit.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Aceh Barat, John Aswir, di Meulaboh, Selasa (4/12/2018).Investor asal Negeri Gajah Putih itu  menjajaki investasi ekspor cangkang kelapa sawit melalui Pelabuhan Jetty, Meulaboh.
         
"Calon investor menyatakan sangat berminat untuk berinvestasi di Aceh Badar dan saat ini mereka terus melakukan penjajakan terhadap keinginan yang akan dilakukan di sini," kata John Aswir.

Menurut dia, bahan baku cangkang kelapa sawit yang akan diekspor ke beberapa negara tersebut berasal dari hasil perkebunan petani yang tersebar di beberapa kabupaten dan kota di wilayah pantai Barat selatan Aceh.
         
Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk tahap awal, investor asal Thailand tersebut berminat menyewa gudang yang berlokasi di sekitar pelabuhan untuk menampung bahan baku cangkang sebelum diangkut ke negara tujuan.

         
"Artinya, gudang ini akan digunakan untuk menampung bahan baku cangkang kelapa sawit sebelum diangkut ke negara tujuan," katanya.
          
Ketua Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TP2D) Aceh Barat, Ansary Hamzah, mengatakan saat ini pihaknya sedang merampungkan draft, terkait pengelolaan Pelabuhan Jetty Meulaboh sebelum menerima investasi dari investor asing, termasuk dari Thailand tersebut. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru