Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lemahnya Pengawasan Distribusi Elpiji Berdampak pada Kelangkaan

  • Oleh Naco
  • 27 Desember 2018 - 11:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Lemahnya pengawasan selama ini dianggap sebagai penyebab dari kelangkaan elpiji di sejumlah wilayah di Kabupaten Kotawaringin Timur selama ini. Itu ditegaskan oleh Ketua Komisi II DPRD Kotim, H Rudianur.

Menurut Rudianur, Dinas Perinduatrian dan Perdagangan Kabupaten Kotim harusnya mengawasi pendistribusiannya agar penyaluran elpiji, khususnya 3 kilogram itu tepat sasaran.

Kata dia, selama ini hampir tidak sama sekali dilakukan. Padahal distribusi dari Pertamina untuk mengakomodasi masyarakat selama ini dinilai cukup. Tapi dalam perjalanannya banyak masyarakat yang mengeluhkan karena di pangkalan kosong.

"Manakala dari Pertamina ke Agen kemudian Agen ke Pangkalan hingga sampai ke masyarakat itu diawasi, saya yakin tidak akan terjadi kelangkaan itu," ucapnya.

Lemahnya pengawasan tersebut menjadi celah oleh oknum untuk bermain agar meraup keuntungan sebesar-besarnya. Apalagi kata jika sudah sampai ke Agen sangat rentan diselewengkan.

"Ingat saja sepanjang tidak ada pengawasan, meski pertamina menambah kuota itu selalu tidak akan cukup. Celah oknum untuk bermain ini yang harus ditutup, salah satunya melalui pengawasan pendistribusiannya," tegasnya.

Rudianur mencontohkan, saat ini untuk menjual elpiji sangat mudah. Bahkan mereka yang tidak memiliki pangkalan bisa. Sehingga yang jadi tanda tanya dengan siapa pihak tersebut mendapatkan elpiji itu.

"Di daerah kita ini kebiasaannya kalau sudah ribut baru diawasi. Padahal harus diantisipasi sebelum terjadi masalah itu," pungkasnya. (NACO/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru