Sekolah Bebas Pilih Buku Mata Pelajaran

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 21 Juli 2019 - 19:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kepala Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan menegaskan dalam melakukan pengadaan buku pelajaran tidak pernah memberikan intervensi.

“Sekolah bebas menggunakan buku tertentu, tidak harus bergantung pada penerbit yang sudah ditentukan,” kata Sahdin Hasan, Minggu, 21 Juli 2019.

Namun harus dengan catatan buku tersebut digunakan dan dinilai sejalan dengan standar nasional pendidikan dari kementerian pendidikan.

Ia berkeyakinan jika masih adanya sekolah yang membebankan biaya buku paket pelajaran kepada orang tua wali pasti lebih kepada pemahaman dan persetujuan bersama.

Pembelian buku paket tersebut merupakan kesepakatan dari orang tua siswa, komite sekolah, dan juga guru di sekolah yang bersangkutan.

"Saya pikir orangtua tidak berkeberatan, jika buku yang dijual dalam harga terjangkau. Terlebih anak didik memerlukan buku paket sebagai sumber pelajaran," sebut Sahdin.

"Terutama untuk keseragaman buku ajar yang dipakai mengikuti sistem standar nasional pendidikan," tambahnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru