Polda Kalteng Jaring Puluhan Kendaraan di Hari Kelima Operasi Patuh Telabang

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 02 September 2019 - 11:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Direktorat Lalu Lintas Polda Kalteng menggelar Operasi Patuh Telabang di hari kelima, tepatnya di Jalan Wahidin Sudiro Husodo,  Palangka Raya,  Senin 2 September 2019. Dalam operasi rutin yang berlaku di seluruh Indonesia tersebut, pihak kepolisian berhasil menjaring puluhan kendaraan roda dua dan roda empat.

Kasubdit Bin Gakum Ditlantas Polda Kalteng AKBP Titis Bangun sebagai koordinator dalam operasi tersebut menjelaskan, dalam operasi patuh hari kelima ini setidaknya terdapat puluhan kendaraan yang terjaring dengan beragam pelanggaran. 

"Ada yang tidak kenakan helm,  ada yang tidak lengkap surat-suratnya dan juga ada yang mengemudi di bawah umur serta pelanggaran lainnya," ujar Titis saat ditemui awak media ini di lokasi operasi. 

Terhadap para pengemudi yang melanggar lalu lintas serta tidak memiliki surat-surat kendaraan, pihak kepolisian langsung mengambil tindakan sesuai dengan amanat undang-undang lalu lintas yang berlaku. 

"Kami tahan surat-suratnya kemudian diberi surat tilang dan diarahkan untuk mengurus surat-surat agar lengkap," jelasnya. 

Hal serupa terjadi pada para pengemudi roda dua yang tidak mengenakan pengaman kepala atau helm.  Mereka ditegur dan diberi surat tilang sebagai efek jera. 

"Yang tidak gunakan helm untuk pengemudi roda dua juga kita tilang. Setelah itu diberi nasihat dan arahan agar sadar," ujar Titis.

Sampai berita ini diturunkan Titis belum bisa memberikan jumlah data kendaraan yang ditilang selama kurang lebih lima hari dalam Operasi Patuh tahun 2019 di wilayah hukum Polda Kalteng. 

"Untuk datanya belum bisa disampaikan karena belum selesai rekapnya.  Pada intinya setiap hari ada yang belasan kendaraan hingga puluhan yang diamankan karena melanggar lalu lintas," tutupnya.  (ARNOLD/B-2) 

Berita Terbaru