Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Barito Utara: Pembangunan Kesehatan Upaya Membangun Manusia Seutuhnya

  • Oleh Ramadani
  • 29 Oktober 2019 - 18:36 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra mengatakanan pembangunan kesehatan sebagai bagian upaya membangun manusia seutuhnya antara lain diselenggarakan melalui upaya kesehatan anak yang dilakukan sedini mungkin sejak anak masih dalam kandungan.

“Lima tahun pertama kehidupan merupakan masa yang sangat peka terhadap pengaruh lingkungan baik biologis, fisik maupun sosial. Masa ini berlangsung sangat pendek dan tidak dapat diulang lagi, oleh karena itu masa balita tersebut sebagai “masa keemasan” (golden period),” masa kritis” (critical period) dan jendela kesempatan (window of opportunity),” kata wabup Sugianto saat membuka Lomba Balita Sehat di Kecamatan, Selasa 29 Oktober 2019.

Dikatakan, saat ini isu strategis masalah gizi yang mendapat perhatian khusus baik secara nasional maupun dunia internasional adalah masalah stunting (pendek).

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan.

“Anak stunting akan memiliki bentuk fisik tubuh yang pendek, perkembangan kognitif dan motoriknya terhambat sehingga sulit berprestasi dan mengakibatkan gangguan metabolik pada saat dewasa sehingga  resiko terkena penyakit egeneratif seperti diabetes, obisitas, penyakit stroke dan penyakit jantung semakin besar,” ucapnya.

"Yang pada akhirnya stunting menyebabkan generasi masa depan yang tidak berkualitas oleh karena itu mulai saat ini mari bersama-sama kita cegah putra dan putri kita dari stunting," imbuhnya.

Menurutnya, salah satu pendekatan yang cukup strategis dan dekat dengan masyarakat untuk mempersiapkannya adalah melalui kegiatan posyandu, dan untuk mengetahui sejauh mana kegiatan tersebut berperan atau memberikan dampak terhadap ibu balita sebagai pembina, pengasuh dan pendidik anak.

“Perlu dilakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan peran serta ibu balita dalam membentuk putra-putrinya menjadi generasi yang tangguh, diantaranya melalui lomba balita sehat,” imbuhnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru