Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PGRI Barito Timur Gelar Bimtek Pembelajaran Berbasis Numerasi dan Literasi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 28 Desember 2020 - 15:55 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI Kabupaten Barito Timur mengadakan bimbingan teknis pembelajaran berbasis numerasi dan literasi di aula dinas pendidikan, Senin 28 Desember 2020.

Ketua PGRI Barito Timur, Turaini mengungkapkan demi mematuhi protokol kesehatan, bimtek digelar selama 2 hari yakni 28 - 29 Desember 2020.

"100 peserta yang terdiri dari guru SD, SLTP dan guru SLTA perwakilan 10 pengurus cabang PGRI se kabupaten dibagi dalam dua sesi. Jadi, hari ini 50 peserta dan besok 50 peserta," ujarnya.

Bimtek yang digelar ini sejalan dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang akan menerapkan assesmen kompetensi minimum dan survei karakter mulai 2021.

"Kebijakan Kemendikbud ini merupakan pengganti ujian nasional yang terakhir kali dilaksanakan pada 2020," jelasnya.

Dia menjelaskan assesmen kompetensi mininum dan survei karakter terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa atau literasi, kemampuan bernalar menggunakan matematika atau numerasi serta penguatan pendidikan karakter.

"Karena itu kami menggelar bimtek ini untuk memberikan pemahaman yang sama tentang basis pembelajaran numerasi dan literasi menyongsong dilaksanakannya assesmen kompetensi minimum 2021," terangnya.

Menurutnya, hasil yang diharapkan dari kegiatan bimtek tersebut yakni guru mampu menerapkan basis pembelajaran numerasi dan literasi dalam proses pembelajaran di kelas sehingga peserta didik siap menghadapi assesmen kompetensi mininum 2021.

Bimtek dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Barito Timur, Sabai serta materi bimtek disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar, Limer serta Pengawas SLTP, Hamdan. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru