Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Ragam Pendapat Warga Terkait Penyekatan Jalan Dalam Kota Pangkalan Bun

  • Oleh Wahyu Krida
  • 11 Agustus 2021 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Penyekatan sejumlah titik jalan kawasan perkotaan Pangkalan Bun, Kabuoaten Kotawaringin Barat (Kobar) menuai beragam komentar warga. Ada warga yang mendukung, tapi tak sedikit yang mengeluhkan.

Misalnya, Adi, warga Kelurahan Madurejo, yang mengatakan penyekatan jalan selama 3 jam itu, dikhawatirkan bakal berpengaruh pelaku UMKM yang biasa mendapatkan banyak pembeli pada jam tersebut.

"Menurut pendapat saya, kebijakan ini pastinya bakal berpengaruh pada para pelaku UMKM tersebut. Karena pada jam tersebut biasanya warga keluar rumah untuk membeli makanan atau sekedar ngopi di cafe atau warung kopi," ujar Adi, Rabu, 11 Agustus 2021.

Menurut Adi, setelah jam buka cafe atau rumah makan dibatasi hingga pukul 20.00 WIB sejak beberapa waktu lalu, ditambah lagi dengan adanya penyekatan jalan dalam kota, tempat usaha tersebut bisa dipastikan semakin sepi pengunjung.

"Padahal sewa ruko, bayar pegawai dan pajak usaha tetap jalan. Tentunya beban pemilik usaha semakin berat. Semoga penyekatan jalan ini hanya berlangsung selama seminggu saja dan tidak diperpanjang," ujarnya.

Namun ada juga warga yang mendukung dilakukannya penyekatan jalan tersebut. Seperti yang diungkapkan Budi warga Kelurahan Madurejo.

"Perlu diakui pada jam penyekatan tersebut biasanya banyak warga yang nongkrong di cafe atau ruang publik. Hal ini tentunya berpotensi menjadi sarana penyebaran covid-19.

"Seperti yang disosialisasikan pemeritah, penyekatan tersebut bertujuan  untuk meniadakan kerumunan. Memang diakui kondisi ini menyebabkan para pelaku UMKM menjadi terdampak. Namun bagaimana lagi, imbauan pemerintah untuk membeli makanan dan minuman, namun tidak nongkrong ditempat seringkali juga tidak diindahkan," kata Budi.

Seperti diketahui, mulai tanggal 11 - 17 Agustus 2021 pukul 18.00 - 21.00 WIB  dilakukan penyekatan dalam kota dengan lokasi sebagai berikut.

1. Penyekatan di Bundaran Pancasila, Kelurahan Madurejo

a. Simpang Jalan S. Parto Utomo

b. Simpang Cafe Along

c. Simpang Kafei

d. Simpang Hypermart

2. Penyekatan di Dalam Kota 

a. Simpang Jalan Rangga Santrek, Kelurahan Raja

b. Simpang Tugu Adipura, Kelurahan Raja

c. Simpang Misbar, Kelurahan Baru

d. Simpang Bantilan Kayu, Kelurahan Baru

3. Penyekatan di jalur Kumai menuju Pangkalan Bun

 - Simpang Jalan Pramuka, Desa Pasir Panjang

4. Penyekatan ruas jalan luar kota Pangkalan Bun di Bundaran Ban arah ke Terminal Natai Suka, Kelurahan Baru

 - Simpang Palingkau. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru