Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Bartim Bahas Evaluasi Gubernur atas Raperda Pertanggungjawaban APBD 2020

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 25 Agustus 2021 - 20:25 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - DPRD Barito Timur bersama eksekutif menggelar rapat pembahasan hasil evaluasi Gubernur Kalteng atas Raperda Pertanggungjawaban APBD tahun anggaran 2020, Rabu, 25 Agustus 2021.

Rapat dipimpin Ketua DPRD, Nur Sulistio itu dihadiri Wakil Ketua I DPRD, anggota DPRD, Sekda Barito Timur, dan lainnya.

Nur Sulistio mengungkapkan, rapat tersebut membahas hasil evaluasi Gubernur Kalteng yang menjadi akhir dari penyempurnaan Raperda Pertanggungjawaban APBD 2020 beserta berbagai catatan, masukan, dan penilaian.

"Setelah mendapatkan evaluasi dari gubernur, paling lambat 7 hari DPRD harus menyampaikan ke eksekutif untuk mendapatkan nomor register karena itu nanti hari Jumat (27 Agustus 2021) kami akan segera paripurnakan," kata Nur Sulistio.

Selain itu, setelah rapat kerja yang dilakukan hari ini, eksekutif juga akan melakukan penyesuaian redaksi dari raperda sesuai evaluasi gubernur.

"Dalam evaluasi gubernur itu terdapat banyak catatan untuk dimaksimalkan, kemudian juga ada tanggapan terhadap target-target yang dicapai maupun target-target yang belum dicapai secara maksimal," ungkapnya.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, Raperda Pertanggungjawaban APBD merupakan penilaian akhir yang dilakukan bersama-sama oleh DPRD dan eksekutif.

Menurutnya, dari kegiatan akhir itu tentu ada kekurangan dan ada target yang belum tercapai, karena itu harus digenjot untuk dilakukan perbaikan ke depan seperti pendapatan asli daerah atau PAD. Sebabm PAD merupakan tolok ukur yang pasti untuk mengukur kemampuan daerah.

"Di situlah salah satu yang sangat urgent untuk digenjot agar potensi-potensi daerah kita dapat dimanfaatkan secara maksimal, tidak semata-mata mengandalkan dana dari pemerintah provinsi maupun pusat," tegas Nur Sulistio. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru