Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Balai Arkeologi Kalsel Serahkan Artefak ke Disbudpar Gunung Mas

  • Oleh Magang 1
  • 17 Oktober 2021 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Balai Arkeologi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyerahkan berbagai artefak kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Gunung Mas (Gumas).

Penyerahan artefak dilakukan perwakilan Balai Arkeologi Kalsel, M Wishnu Wibisono kepada Kepala Bidang (Kabid) Pelestarian Cagar Budaya, Permuseuman dan Registrasi Data pada Disbudpar Kabupaten Gumas, Yudi Darma, di kantor Disbudpar setempat, Minggu, 17 Oktober 2021.

“Artefak yang kami serahkan ini merupakan temuan kami saat melakukan penelitian di Puruk Amai Rawang, Desa Upon Batu, Kecamatan Tewah,” ujar Wishnu.

Dia menuturkan, saat melakukan penelitian tepatnya proses ekskavasi yakni keramik, gerabah, hulu pedang atau parang, dan beberapa lainnya. Selain itu, mereka juga menemukan sisa-sisa benteng atau kuta dan sisa-sisa struktur dari betang.

Tim nantinya akan melakukan proses lebih lanjut, dan disusun dalam suatu laporan. Laporan diperkirakan selesai pada awal tahun 2022 mendatang.

Dia menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan seluruh pihak, termasuk masyarakat Upon Batu, yang telah banyak membantu tim selama penelitian.

Kepala Disbudpar Kabupaten Gumas, Eigh Manto melalui Kabid Pelestarian Cagar Budaya, Permuseuman dan Registrasi Data, Yudi Darma menyampaikan terima kasih kepada tim yang telah melakukan penelitian di Puruk Amai Rawang.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat Upon Batu untuk menjaga dan melestarikan berbagai benda cagar budaya yang ada di sana, karena itu  bisa menjadi jalur atau pintu masuk bagi penelitian lain serta bisa menambah khazanah budaya,” tukas Yudi. (MAGANG/B-5)

Berita Terbaru