Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Kondisi Desa Sungai Gula Setelah Sempat Diterjang Banjir Bandang

  • Oleh Magang 2
  • 08 November 2021 - 14:15 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Desa Sungai Gula yang berada di Kecamatan Permata Intan sempat diterjang musibah banjir bandang seiring dengan tingginya intensitas hujan di wilayah setempat. Dampak dari musibah itu membuat Sungai Tumbang Lahung meluap. Bahkan, kondisi tersebut turut berdampak pada puluhan rumah warga yang terendam banjir. 

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Murung Raya (Mura), Kariadi membenarkan musibah banjir bandang tersebut dan saat ini pihaknya telah melakukan monitoring.

"Kami telah melakukan koordinasi langsung dengan Camat Permata Intan untuk menanyakan kondisi terakhir musibah banjir yang terjadi di Desa Sungai Gula, dan ternyata debit air sudah surut secara signifikan," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin, 8 November 2021.

Dirinya mengimbau masyarakat tetap waspada. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan musibah banjir serupa terjadi di beberapa desa mengingat saat ini telah memasuki fenomena alam La Nina. Menurut perkiraan BMKG Kalteng, potensi curah hujan dengan intensitas tinggi akan terus terjadi dalam beberapa pekan ini.

"Harapan kita untuk wilayah hulu Sungai Barito dan sekitarnya tidak terjadi hujan yang mengakibatkan terjadinya bencana banjir susulan bahkan banjir bandang yang sempat melanda Desa Sungai Gula," lanjut Kariadi.

BPBD Murung Raya akan terus memantau perkembangan musibah banjir yang melanda desa-desa yang berada di bantaran Sungai Barito atau anak Sungai Barito seperti Sungai Laung dan Sungai Tumbang Lahung.

Status siaga banjir telah diterapkan oleh BPBD Mura. Apabila terdapat laporan adanya kerusakan dan juga korban jiwa atas musibah banjir di wilayah Kabupaten Murung Raya, maka pihaknya akan langsung memberikan bantuan. (MAGANG2/B-7)

Berita Terbaru