Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Minta Antisipasi Banjir Susulan

  • Oleh Nopri
  • 06 Desember 2021 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran meminta, kepada pemerintah kabupaten dan kota agar mengantisipasi banjir susulan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi dalam beberapa hari ke depan Kalteng masih berpotensi untuk diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Kondisi ini tentu berpotensi akan terjadinya banjir susulan.

"Kalteng masih berpotensi untuk turun hujan lebat. Saya minta masing-masing kabupaten/kota, agar tetap waspada. Siagakan perlengkapan dan personel, untuk skenario jika terjadi banjir dadakan,” katanya, Senin 6 Desember 2021.

Oleh karena itu seluruh pemerintah daerah untuk menyiagakan pusat pengendalian operasi (Pusdalops) untuk memaksimalkan pengawasan dan melakukan pemetaan terhadap daerah rawan terjadi banjir.

"Pusdalops daerah harus memberikan laporan rutin bagaimana kondisi terkini. Apabila diperlukan, dapat menetapkan status darurat bencana dan membentuk posko komando," jelasnya.

Dia juga meminta bupati dan wali kota, untuk melakukan pengelolaan tata air terintegrasi mulai hulu hingga hilir untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan debit air akibat curah hujan tinggi yang memungkinkan masih akan terjadi. (NOPRI/B-11)

Berita Terbaru