Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangkajene Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

6 Desa di Sebangau Kuala Masuk Usulkan Program PKP Pusat

  • Oleh Asprianta
  • 08 Desember 2021 - 11:25 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau pada tahun anggaran 2022 mengusulkan 6 desa di kecamatan Sebangau Kuala, yakni, Desa Mekar Jaya, Sebangau Mulya, Paduran Mulya, Sebangau Jaya, Sebangau Permai, dan Paduran Sebangau masuk dalam program Pembangunan Kawasan Perdesaan (PKP) dari Pemerintahan Pusat.

Sekda Pulang Pisau Tony Harisinta mengatakan  pembangunan antar desa bertujuan untuk percepatan,  peningkatan kualitas pelayanan, dan pemberdayaan masyarakat dengan pendekatan pembangunan partisipatif.

"Hal ini tertuang dalam Permen DPDTT No. 5 tahun 2016 tentang Pembangunan Kawasan Perdesaan dan selaras dengan UU No. 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, " ucap Tony Harisinta saat menutup secara resmi kegiatan pertemuan koordinasi Pembangunan Kawasan Perdesaan (PKP) Kabupaten Pulang Pisau, di Hotel Bahalap, belum lama ini.

Toni menyampaikan ucapan terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini, khususnya apresiasi diberikan kepada pihak WWF Kalimantan Tengah yang telah memfasilitasi terlaksananya program dan kegiatan Percepatan Pembangunan Perdesaan yang mengambil usulan 6 Desa di Kecamatan Sebangau Kuala, yakni Desa Mekar Jaya, Sebangau Mulya, Paduran Mulya, Sebangau Jaya, Sebangau Permai, dan Paduran Sebangau.

Ia juga menyampaikan program yang dilaksanakan ini berkelanjutan sehingga bisa mendapatkan output terbaik dan azas manfaatannya dapat dirasakan masyarakat desa dengan tujuan akhir, yakni terciptanya kesejahteraan masyarakat.

Tony juga berpesan agar hasil kesepakatan bersama dapat segera ditindaklanjuti oleh Tim yang telah terbentuk (TKPKP) Kabupaten Pulang Pisau yang di koordinator Bappedalitbang Bersama SOPD terkait lainnya, sehingga usulan 6 desa tersebut dapat di tetapkan sebagai Kawasan Pembangunan Perdesaan melalui keputusan Bupati Pulang Pisau. Sehingga nantinya terbangun Kawasan pedesaan sesuai dengan unggulan potensi daerahnya masing-masing baik Kawasan pertanian, perikanan, peternakan dan lainnya.

Tony mengaku dalam waktu dekat akan melaporkan kepada Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang terkait program kegiatan yang sudah disepakati bersama ini.

Turut hadir dalam Pertemuan Koordinasi Pembangunan Kawasan Perdesaan (PKP), Asisten I bidang Pemerintahan, M.Syaripul Pasaribu, SE. Msi, Okta perwakilan dari WWF Kalteng , dan kepala SOPD terkait dilingkup Pemkab Pulang Pisau. (ang)

Berita Terbaru