Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kerahkan 5 Kapal, Pelni Siap Layanai Pemudik dari Pelabuhan Kumai

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 09 April 2022 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PT. Pelni Cabang Pangkalan Bun menyiapkan sebanyak 5 unit Kapal Motor (KM), untuk mengantisipasi lonjakan pemudik pada angkutan lebaran tahun 2022 ini di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Kepala Cabang PT Pelni Pangkalan Bun, Capt Antonius Lumban Gaol menyebutkan, adapun 5 unit Kapal untuk melayani arus mudik Lebaran tahun 2022, di antaranya KM Awu, KM Lawit, KM Kelimutu, KM Binaiya dan KM Bukit Raya.

"Biasanya untuk reguler di ke Kumai ini hanya ada 3 kapal, untuk peak season atau sesi puncak ini kita ada 5 karena ada tambahan dua kapal yang diperbantukan," kata Capt Antonius Lumban Gaol.

Lanjutnya, selain melayani arus mudik ke Semarang dan Surabaya, pihaknya juga telah menjadwalkan untuk arus balik yang menuju Panglima Utar Kumai, Kotawaringin Barat.

"Kita ada 8 call atau arus kapal mudik dan 7 call arus balik," imbuhnya.

Kendati demikian, Pelni Pangkalan Bun saat ini masih menunggu aturan yang berkaitan dengan dispensasi kapasitas penumpang yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat.

"Belum ada kepastian dispensasi dari Kemenhub. Tapi secara umum kita siap menghadapi arus mudik tahun ini," jelas Lumban Gaol.

Capt Antonius Lumban Gaol juga menginformasikan, bahwa tiket bisa diperoleh secara daring melalui Pelni Mobile. Sementara untuk harga tiket tidak ada kenaikan dan masih sama seperti harga sebelumnya.

"Meski momen Ramadan, bahwa tiket Pelni tidak ada kenaikan. Semarang Rp.189.000 dan Surabaya Rp. 200.000," ungkapnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru