Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua TP-PKK: Revitalisasi Penting Tingkatkan Fungsi dan Kinerja Posyandu

  • Oleh Nopri
  • 07 Februari 2023 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Tim Penggerak dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Ivo Sugianto Sabran mengatakan, sangat penting revitalisasi untuk meningkatkan fungsi dan kinerja posyandu.

Dia menuturkan, posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan.

"Posyandu sangat penting sekali agar bisa menghasilkan ibu yang sehat, anak yang cerdas dan keluarga sejahtera," ucapnya, dalam paparannya pada Rapat Koordinasi Pokjanal Posyandu di Best Western Hotel, Kota Palangka Raya, Selasa, 7 Februari 2023

Oleh karena itu, sangat perlu dilakukan revitalisasi, untuk meningkatkan fungsi dan kinerja posyandu, supaya dapat memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan, dan agar status gizi maupun derajat kesehatan ibu dan anak.

Dia menjelaskan, posyandu memiliki banyak manfaat untuk masyarakat diantaranya mendukung perbaikan perilaku, keadaan gizi dan kesehatan keluarga, perilaku hidup bersih dan sehat, serta mendukung pencegahan penyakit yang berbasis lingkungan dan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

"Selain itu, juga mendukung pelayanan keluarga berencana, pemberdayaan keluarga dan masyarakat dalam penganekaragaman pangan melalui pemanfaatan pekarangan untuk memotivasi Kelompok Dasa Wisma berperan aktif," jelasnya. (NOPRI/Y)

Berita Terbaru