Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Raih Predikat Universal Health Coverage

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 14 Maret 2023 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, menerima  penghargaan bergengsi di bidang kesehatan yakni penghargaan Universal Health Coverage (UHC) atau Jaminan Kesehatan Semesta 2023, di Balai Sudirman Jakarta Selatan, pada Selasa, 14 Maret 2023.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Pj Bupati Kobar Anang Dirjo dari Wakil Presiden Republik Indonesia melalui Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Kobar Anang Dirjo didampingi oleh Plt Sekda Kobar Juni Gultom, Kadinkes Kobar Achmad Rois.

Pj Bupati Kobar Anang Dirjo menyampaikan, penghargaan UHC ini merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah Kobar, dalam memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat dengan maksimal.

"Alhamdulillah, Kobar kembali meraih penghargaan yang bergengsi, yaitu penghargaan Universal Health Coverage atau Jaminan Kesehatan Semesta yang hari ini diberikan oleh Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia melalui Kemenko PMK, penghargaan ini merupakan dukungan dari seluruh element masyarakat Kobar, " Kata Pj Bupati Kobar Anang Dirjo di dampingi Plt Sekda Kobar Juni Gultom, di Balai Sudirman, usai menerima penghargaan UHC. 

Anang Dirjo juga menambahkan, dengan disandangnya predikat UHC di Kabupaten Kotawaringin Barat, maka Pemerintah Daerah Kobar berharap pemerataan pelayanan kesehatan khususnya di Kabupaten Kotawaringin Barat dapat lebih maksimal dan menjangkau di sudut-sudut atau pelosok-pelosok desa yang selama ini belum terjamah Jaminan Kesehatan Nasional. 

"Penghargaan ini bukan akhir dari kinerja kita selaku pelayan masyarakat, justru dengan adanya penghargaan ini suatu motivasi kuat bagi kita, agar lebih berinovasi lagi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya di bidang kesehatan, masyarakat yang ada di pelosok desa pun harus bisa menikmati pelayanan dari Jaminan Kesehatan Nasional," kata Anang Dirjo.

Menurut Anang Dirjo, sesuai  dengan Gubernur Kalimantan Tengah, yang menginginkan agar  layanan kesehatan tidak hanya dinikmati oleh orang-orang tertentu saja, namun juga dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Barat tanpa dipungut biaya. 

"Tidak ada lagi masyarakat yang sakit dengan alasan biaya sehingga tidak mendapat perawatan di rumah sakit. Maka pemerintah daerah Kobar akan hadir, dimana Rumah Sakit Sultan Imanudin Pangkalan Bun pun dalam memberikan pelayanan, bagi pasien yang tidak mampu tetap akan di layani, sembari mengurus administrasi 3 x 24 jam akan di daftarkan sebagai peserta BPJS kesehatan, karena pelayanan lebih utama," pungkasnya. (DANANG/J)

Berita Terbaru