Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SMPN 1 Arsel Tampilkan Kearifan Lokal Kobar pada Pawai Nasi Adab dan Budaya

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 07 Oktober 2023 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam merayakan Hari Jadi Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang ke-64 tahun, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Arut Selatan (Arsel) ikut serta di Pawai Nasi Adab dan Budaya dengan menampilkan kearifan lokal daerah Kobar.

Kepala Sekolah SMPN 1 Arsel, Soni Yardawati menyampaikan, mereka telah mempersiapkan semuanya dengan membentuk panitia baik dari siswa-siswi, guru, serta dukungan orang tua atau FKOG dari kelas 7, 8, dan 9.

Dalam acara Pawai Nasi Adab dan Budaya, kearifan lokal yang ditampilkan oleh SMPN 1 Arsel sendiri seperti Nasi Adab, Tradisi Baayun, Adat Basunat, Permainan Tradisional, Reflika Makananan Tradisional, Peralatan Tradisional, Mandi-Mandi Panganten, Seni Tari Tradisional, Bahadrah.

"Selain kami mengajarkan anak-anak untuk mengingat dan melestarikan budaya dan kearifan lokal dari daerah Kobar, SMPN 1 Arsel juga menampilkan sebuah seni karya pakaian ulang dan kreasi, sebagai bentuk upaya kami sekaligus mengajarkan pada anak-anak untuk mengurangi sampah serta memanfaatkan kembali sampah yang ada di sekitar lingkungan kami," jelas Soni.

Melalui acara pawai tersebut, disampaikan bahwa anak-anak SMPN 1 Arsel juga menampilkan Kampanye Sekolah Sehat, Sekolah Ramah Anak, hingga Sekolah Anti Narkoba. 

Hal tersebut, sebagai bentuk dukungan dari SMPN 1 Arsel pada seluruh program pemerintah pusat dan daerah dalam membangun generasi bangsa selanjutnya untuk menjadi lebih baik lagi. 

Ia berharap, pemerintah daerah tak lupa selalu memperhatikan aspek pendidikan anak-anak daerah Kabupaten Kobar guna membangun kabupaten semakin jaya ke depannya.

"SMPN 1 Arsel mengucapkan selamat HUT ke 64 Kotawaringin Barat semoga Kobar semakin jaya, terutama bidang pendidikan agar menjadi prioritas pemerintah daerah untuk terus disupport, didukung terus perkembangannya," pungkas Soni. (NURITA/Y)

Berita Terbaru