Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Semburan Lumpur Bojonegoro Mengandung Gas Beracun

  • 19 April 2016 - 19:32 WIB

DINAS Energi dan Sumber Daya Mineral (ESMD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, Selasa memasang papan pengumuman yang berisi tulisan awas bahaya gas beracun di lokasi semburan lumpur di Desa Jari.

'Pengumuman tanda bahaya gas beracun akan kami pasang di jalan menuju lokasi dan di sekitar lokasi semburan lumpur Jari hari ini,' kata Kepala Dinas ESDM Pemkab Bojonegoro Agus Supriyanto, di Bojonegoro.

Namun, menurut dia, warga di Dusun Keramat, Desa Jari, Kecamatan Gondang, sebelumnya, akan dikumpulkan dulu, terkait sosialisasi bahaya gas beracun di sekitar lokasi semburan lumpur Jari.

'Kami juga akan membagikan masker kepada warga di Dusun Keramat, yang rumahnya di sekitar lokasi semburan lumpur, sebagai antisipasi kalau sewaktu-waktu bahaya ancaman gas beracun meningkat,' jelas dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan papan pengumuman itu, selain berisi awas bahaya gas beracun, juga berisi tulisan bahaya tanah amblas di lokasi semburan lumpur dan imbauan pengunjung dilarang terlalu mendekat.

Sesuai penjelasan Tim Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Bandung bahwa kandungan gas Co2 yang konsentrasinya mencapai 70 persen, akan turun kalau cuaca mendung atau turun hujan.

'Gas Co2 atau karbon dioksida tidak berwarna, dan berbau. Orang yang menghirup tidak terasa, tapi tiba-tiba jatuh dan meninggal dunia,' jelas Koordinator Peneliti Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Bandung, Sutawidjaja.(ANT/B-11)

Berita Terbaru