Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasus ISPA di Kotim Mulai Menurun

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 16 Oktober 2023 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kasus Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mulai menurun.

"Untuk ISPA terus menurun. Sejak minggu ke 39 ada 888 kasus, lalu minggu ke 40 ada 830 kasus. Artinya ada penurunan 58 kasus," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur Umar Kaderi melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nugroho Kuncoro Yudho, Senin, 16 Oktober 2023.

Perkembangan kasus ISPA tersebut ia paparkan dalam rapat evaluasi status tanggap darurat bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gedung Pusdalops Kantor BPBD Kotim yang dipimpin oleh Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Kotim Rihel.

Kata Nugroho, kasus ISPA mengalami penurunan signifikan pada minggu ke 41 yang tercatat ada 704 kasus. Sehingga menunjukkan penurunan 126 kasus ISPA.

"Kasus ISPA masih tinggi di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, tapi ini pun sudah sepertiga dari sebelumnya. Jadi sudah cukup bagus. Sementara di kecamatan lain, jika pun ada kenaikan hanya sedikit," katanya.

Kasus ISPA tersebut berdasarkan data dari 21 Puskesmas yang tersebar di 17 Kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Nugroho menerangkan, tren ISPA sejalan dengan tren kualitas udara di Kotim. Bahwa Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Joni Parwoto memaparkan, tren indeks standar pencemaran udara (ISPU) selama 2 pekan terakhir melandai, namun masih dalam kategori tidak sehat. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru