Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Jambi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pj Bupati Barito Utara Minta Masyarakat Tidak Buang Sampah di Bantaran Kali

  • Oleh Ramadani
  • 07 Desember 2023 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Permasalahan sampah mungkin sudah menjadi momok yang sangat diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten Barito Utara, khususnya di Muara Teweh.

Sebagian warga masyarakat di daerah ini masih kurang akan kesadarannya terhadap kebersihan lingkungan, khususnya di bantaran sungai, dimana dapat mengakibatkan pencemaran yang sangat tidak sedap dipandang oleh mata.

Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis mengatakan, dengan menumpuknya sampah-sampah yang dibuang sembarangan tempat oknum masyarakat khususnya di pinggiran sungai akan mengakibatkan pencemaran lingkungan.

“Bahkan apabila terjadi hujan yang deras, maka sampah-sampah akan terbawa oleh air hujan hingga terjadi penumpukan di sungai juga menimbulkan bau yang tidak sedap dan menyengat,” ungkapnya, Rabu, 6 Desember 2023.

Pemkab Barito Utara melalui dinas terkait sudah sering kali memberikan sosialisasi kepada masyarakat bahkan membuat pengumuman yang ditempelkan di beberapa tempat yang bertuliskan “Jangan Membuang Sampah Sembarangan, dan Buanglah Sampah Pada Tempatnya” sepertinya hanya tulisan biasa dan di anggap angin lalu oleh sebagian masyarakat.

Pj Bupati Muhlis meminta kepada masyarakat yang bermukim atau mendiami pinggiran bantaran sungai agar jangan lagi membuang sampah sembarangan, khususnya di kali atau sungai.

“Buanglah sampah pada tempatnya, yang sudah disediakan oleh pemerintah,” kata Pj Bupati Muhlis di sela-sela melakukan peninjauan pada salah satu jembatan yang di dalam Kota Muara Teweh.

Dikatakan Muhlis, apabila sampah yang dikelola dengan baik dan benar akan memberikan manfaat bagi masyarakat. “Kita ada bank sampah yang akan mengelola. Apabila sembarangan membuang sampah akan mengakibatkan pencemaran air, pencemaran lingkungan yang  menimbulkan bau yang tidak sedap,” imbuhnya. (RAMADHANI/j)

Berita Terbaru