Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Suhaemi: Kualitas Perangkat Suara Penting Optimalkan Ibadah

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 05 Februari 2024 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (KSDM) Suhaemi menilai kualitas perangkat suara memiliki peran penting dalam mengoptimalkan ibadah.

"Kualitas pengaturan alat pengeras suara masjid sangatlah penting," tegasnya saat mewakili Wagub Kalteng dalam rangkaian kegiatan pelatihan akuistik sound masjid dan mixing di Aula Eka Hapakat, Senin, 5 Februari 2024.

Suhaemi mengatakan bila suara yang dikeluarkan sound system terdengar pecah, krasak-kresek, dan hilang timbul, akan dapat mengganggu konsentrasi dan bahkan kekhusyukan jamaah dalam melaksanakan ibadah.

Ia mencontohkan misalnya saat khatib memberikan khotbah, jika suaranya tidak dapat didengar jelas di seluruh ruangan, maka jamaah tidak bisa fokus dan bisa mengantuk atau berbisik-bisik.

Begitu pula pada shalat berjamaah, suara imam yang tidak jelas dapat mengganggu kesempurnaan ibadah.

"Untuk itu, alat pengeras suara di masjid tentu perlu diatur dengan baik, agar pesan moralnya bisa terdengar jelas dan tersampaikan kepada seluruh jamaah masjid," ungkapnya. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru