Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Penjelasan Haji Abdul Rasyid Kenapa Peredaran Uang di Kalteng Sedikit

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 17 Januari 2017 - 14:24 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Pengusaha nasional asal Kalimantan Tengah, Haji Abdul Rasyid mengakui adanya perputaran uang yang lamban di masyarakat jumlahnya yang kecil di wilayah Kalteng.

Dia juga mengakui banyak uang yang tersimpan di bank ketimbang yang beredar di masyarakat. Dia pun mengungkap kenapa hal itu terjadi.  Menurut putra Pangkalan Bun ini, sebab krusialnya adalah karena kecilnya jumlah pengusaha di Kalteng.

Berbanding terbalik dengan jumlah bidang usaha yang ada di provinsi ini. Parahnya, mereka berusaha di Kalteng tetapi domisilinya di luar Kalteng.  'Ini karena pengusaha yang berusaha di Kalteng tidak mau berdomisili di sini, tidak mau membuka kantornya disini, mereka membuka investasinya dari luar sementara usahanya disini. Karena pengusahanya tidak disini itulah yang membuat perputaran uang beredar cukup kecil,' terangnya disela kunjungan Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo di Palangka Raya, Selasa (17/1/2017).

Dia menyebut, pengusaha besar yang mau berkantor dan berusaha di Kalteng cuma satu, yaitu citra borneo indah (CBI) Group yang berada di Pangkalan Bun. Alhasil, perputaran uang pun cukup tinggi di Kota Manis itu. Hal ini diakui pula oleh Gubernur BI.

'itulah sebabnya, Perputaran uang di Palangka Raya sebagai Ibukota Kalteng saja, masih jauh kalah dibanding Kabupaten Kotawararingin Barat khususnya Pangkalan Bun,' tandasnya.

Ada Andil Salah BI Kalteng

Terkait banyak uang yang tersimpan di Bank ketimbang yang beredar di masyarakat, ada andil BI Kalteng dalam hal ini. Informasi yang dihimpun Borneonews, kredit yang dikeluarkan bank-bank di Kalteng lebih rendah daripada yang masuk atau yang ditabung oleh masyarakat Kalteng. Ini menarik karena terbukti penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) juga tidak banyak sukses diserap masyarakat.

'Makanya prestasi BI Kalteng termasuk yang prestasinya jelek. Kenapa Karena tugas dan peran BI adalah bahwa dia harus membina bank-bank yang ada' tuturnya. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru