Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kawasan Seperti Ini yang Rawan Terjangkit Penyakit TBC

  • Oleh Noor Annisa
  • 03 April 2017 - 12:18 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tuberkulosis (TBC) merupakan penyakit dengan gejala bukan batuk biasa (3B) dan penyakit ini diketahui dapat menular dan lebih rawan terjadi di permukiman kumuh.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur (Kotim) Faisal Novendra Cahyanto, penyakit tersebut sangat erat kaitannya dengan sanitasi atau perilaku hidup bersih masyarakat terhadap lingkungannya.

"Penyakit ini juga terkait dengan sanitasi, rumah yang gelap, lembab, karena kurangnya pencahayaan. Dan mungkin ada penularan dari penderita positif tuberkulosis yang menular ke keluarga atau ke lingkungannya yang didukung oleh sanitasi yang buruk tadi," terang Faisal, Senin (3/4/2017).

Namun, menurut Faisal tidak menutup kemungkinan juga tuberkulosis menyerang keluarga yang sanitasinya bagus. Hal itu terjadi karena tertular atau berinteraksi terus-menerus dengan penderita tuberkulosis.

Ditambahkan Faisal, tuberkulosis mempunyai gejala diantaranya, batuk yang agak lain dari batuk biasa atau lama, nyeri di dada, berdahak, tedapat darah pada dahak dan terkadang berkeringat di malam hari.

"Kalau menemui gejala seperti itu, segera memeriksakan diri ke sarana pelayanan kesehatan pemerintah terdekat dan nanti kalau positif meminum obat secara teratur sampai sembuh," ucapnya.

Terkait tuberkulosis, Faisal menuturkan, Dinkes terus melakukan penanganan sebab penularannya bisa menyebar melalui udara dari penderita ke orang yang terpapar dan terkadang tidak perlu bersentuhan. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru