Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mengapa Akhir-Akhir Ini Wawasan Kebangsaan Dipersoalkan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 Oktober 2017 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palangka Raya melaunching Panggung Suara Kebangsaan, Minggu (29/10/2017) pagi.

Panggung publik ini merupakan bentuk sosialisasi dalam bentuk yang lebih menyenangkan dan rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan terus setiap Minggu pagi di kawasan car free day Bundaran Besar Palangka Raya.

Pertanyaannya mengapa sampai diperlukan sosialisasi terus menerus tentang wawasan kebangsaan ini. Selain itu muncul pula pertanyaan mengapa akhir-akhir ini wawasan kebangsaan menjadi dipersoalkan

Wali Kota Palangka Raya, Riban Satia yang meluncurkan program ini menyebut ada tiga alasan mengapa sosialisasi ini perlu terus dilaksanakan.

"Pertama, semangat kebangsaan telah menjadi dangkal dan tererosi terutama di kalangan generasi muda disebabkan sifat materialistik lebih dominan dibandingkan semangat idealisme yang merupakan jiwa kebangsaan," tuturnya.

Kedua, ada kekhawatiran munculnya beberapa ancaman disintegrasi kebangsaan.

"Ketiga, keprihatinan tentang adanya upaya mengubah pandangan hidup bangsa dengan pandangan hidup bangsa lain," jelasnya.

Oleh karena itu dalam rangka memperkuat semangat kebangsaan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila, mengembangkan kesadaran kebhinekatunggalikaan dan tegaknya negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) diperlukan pola dan strategi sosialisasi, sehingga pesan kebangsaan bisa sampai pada berbagai kalangan dan lapisan masyarakat. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru