Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kopega Amanah MTsN Laksanakan RAT Tahun Buku 2017

  • Oleh Ramadani
  • 11 Januari 2018 - 19:49 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kopega Amanah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN), Kabupaten Barito Utara dan koperasi sekolah Barokah (Koserba) MTsN Muara Teweh melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2017, Rabu (10/1/2018).

“RAT ini adalah merupakan koperasi ke 2 yang telah melaksanakan RAT. Saya ucapkan terima kasih karena telah melaksanakan RAT tahun buku 2017 secara tepat waktu,” kata Tenggara, Kamis (11/1/2018).

Dikatakan, RAT merupakan suatu forum pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi. Dalam forum rapat anggota inilah beberapa agenda penting yang dapat dibahas dan dimusyawarahkan, antara lain laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas koperasi, rencana kerja dan rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi tahun berikutnya.

Kemudian, memusyawarahkan keberhasilan yang telah dicapai dan yang belum dicapai serta kendala yang dihadapi dan bagaimana peluang pengembangan koperasi yang akan datang serta memberikan masukan atau pemikiran terhadap program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada 2018.

Menurut Tenggara, RAT ini menunjukan bahwa kopega Amanah aktif dan telah menjalankan fungsi organisasi, manajemen dan administrasi koperasi serta telah menjalankan apa yang menjadi amanat UU Nomor 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian dan Permen Koperasi dan UKM No 19 Tahun 2015 tentang penyelenggaraan Rapat Anggota Tahunan.

Sementara itu Kepala MTsN Barito Utara, Mahlil Riduan mengatakan RAT yang dilaksanakan oleh sebuah koperasi merupakan suatu hal yang mutlak yang harus dilaksanakan, sebab RAT adalah ciri dan sendi utama dalam menggerakkan sebuah koperasi.

Selain itu katanya, RAT juga merupakan implementasi dan semangat yang harus hidup dalam berkoperasi yaitu adalah asas kekeluargaan. Sebagai intitusi pengambilan keputusan tertinggi dalam koperasi RAT menyiratkan bahwa kekuatan utama dalam sebuah organisasi koperasi adalah pada anggotanya.

Dikatakannya, RAT juga mempunyai arti yang cukup strategis dalam pengembangan koperasi kearah yang lebih baik karena dalam RAT ini akan membahas laporan pertanggungjaweaban daripada pengurus dan pemaparan rencana kerja serta anggaran dan pendapatan belanja koperasi.

“Pertanggungjawaban ini sangat penting dilakukan untuk mengukur kinerja pengurus serta mengevaluasi seluruh program dan kegiatan agar dimasa-masa yang akan datang kinerja koperasi dapat diperbaiki dan lebih disempurnakan lagi,” pungkasnya.(RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru