Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Barito Timur Sosialisasi Pemanfaatan Dana Desa Bidang Kesehatan

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 03 Oktober 2018 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Kesehatan (Dinkes) Barito Timur menyelenggarakan kegiatan Advokasi Pemda Untuk Memasukan Menu Kesehatan Dalam Kebijakan Pemda (Perbup) Terkait Pemanfaatan Dana Desa Tahun 2018 di Aula DPKAD, di Tamiang Layang, Rabu (3/10/2018).

Menurut Dinas Kesehatan Barito Timur Simon Biring, dalam promosi kesehatan pembangunan kesehatan belum menjadi arus utama pembangunan sektor-sektor lain sehingga peran serta sektor dalam promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat sangat diperlukan.

Lanjut Simon, untuk promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat perlu adanya peningkatan antara lain jumlah dan mutu kegiatan komunikasi informasi dan edukasi masih perlu ditingkatkan, fasilitas kesehatan untuk menjamin efektifitas berlangsungnya promosi konseling kesehatan secara baik dan benar.

"berbagai kegiatan advokasi serta kemitraan perlu di efektifkan , dan kebijakan publik untuk menciptakan lingkungan sehat perlu ditumbuh kembanhkan serta pengembangan UKBM dan peran serta masyarakat dan kerjasama dengan swasta perlu ditingkatkan," ucapnya.

Beberapa hal penting yang semestinya dilaksanakan oleh pemerintah desa dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat seperti pemberdayaan masyarakat desa melalui pemanfaatan pekarangan rumah menjadi taman obat keluarga.

"Melakukan pola hidup sehat, mengoptimalkan pos kesehatan desa, posyandu, serta pembinaan keluarga balita, remaja dan lanjut usia," tandasnya.

Dengan program UKBM atau Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat yang dikelola oleh, dari dan untuk masyarakat, maka Advokasi Dana Desa untuk UKBM ini harus tepat sasaran untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat.

"Saya berharap dengan diadakannya pertemuan ini seluruh stake holder terkait turut mendukung dalam melaksanakan dan mengawasi penggunaan dana desa utamanya dalam bidang kesehatan," tutupnya. (PRASOJO EKO/B-5)

Berita Terbaru