Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Harapan Bupati Katingan Saat Lantik 14 Kades

  • Oleh Abdul Gofur
  • 02 Januari 2020 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan melantik 14 kepala desa terpilih hasil pilkades 2019 di Tumbang Manggu Kecamatan Sanaman Mantikei, Kamis, 2 Januari 2020.

Ke 14 kepala desa yang dilantik hari ini berasal dari 3 wilayah kecamatan, yakni Katingan Tengah, Sanaman Mantikei dan Kecamatan Petak Malai.

Dalam kesempatan ini Bupati Sakariyas berharap kepada kepala desa yang dilantik agar memperhatikan kedudukan, tugas dan fungsi serta wewenang sebagai kepala desa.

"Hal ini sangat penting artinya dalam rangka mengawal penyelenggaraan pemerintahan desa secara maksimal, sehingga desa dapat menentukan kewenangan desa secara mandiri," ujarnya.

Kewenangan tersebut, meliputi kewenangan memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa, serta tugas lainnya berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama BPD.

Kemudian menyusun dan mengajukan APBDES untuk dibahas besama BPD.Membina kehidupan masyarakat desa, membina perekonomian desa, mengkoordinir pembangunan desa secara partisipatif, mewakili desa di dalam dan di luar pengadilan dan dapat menunjuk kuasa hukum untuk mewakilinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan melaksanakan wewenang lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Kepala kepala desa yang baru dilantik agar tidak melakukan pemberhentian dan mengangkat perangkat desa yang tidak sesuai dengan paraturan perundang-undangan, sehingga menyebabkan permasalahan hukum," imbuh Sakariyas. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru