Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Desak Pemkab Kotim Segera Selesaikan Konflik Tanah Kuburan

  • Oleh Naco
  • 14 Maret 2020 - 18:11 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Rimbun mendesak agar pemerintah kabupaten segera menyelesaikan persoalan lahan kuburan. 

Apalagi 17 Maret 2020 rencananya sejumlah tokoh dan lintas agama akan turun melakukan ploting ulang terhadap lahan kuburan menyesuaikan dengan luasan sebagaimana SK dari Bupati Kotim.

Menurutnya, persoalan sengketa lahan kuburan ini  di satu sisi akibat oknum yang suka bermain dengan lahan, sehingga lahan kuburan dijadikan sasaran untuk dikuasai. 

"Padahal sejak 1990 lahan itu sudah dinyatakan pemerintah kabupaten untuk peruntukan kuburan semua agama," katanya, Sabtu, 14 Maret 2020

Pada prinsipnya pihaknya mengingatkan kembali ke pemerintah kabupaten agar menyelesaikan persoalan sengketa tanah kuburan ini.

"Cepat diselesaikan karena rencananya 17 Maret ini mereka  dari tokoh dan lintas agama turun ke lokasi untuk memastikan dan mengukur lahan kuburan itu,” tukasnya.

Rimbun memaklumi kenapa sejumlah lintas agama ini tetap ngotot untuk segera meminta penyelesaian. Pasalnya ada salah satu tempat kuburan yang kini nyaris sudah tidak ada yang kosong. 

Maka diperkirakan dalam setahun ini lahan kuburan itu sudah tidak ada tempat pemakaman bagi komunitas tersebut. Maka wajar mereka mendesak ini segera mendapatkan penyelesaian dan kepastian hukum.

Dia mengakui ketika ini tidak diselesaikan maka akan terus jadi tunggakan malasah bagi pemerintah. Saat ini pemerintah mesti tegas dan harus mengamankan kebijakan terhaduhulunya yakni lahan kuburan sesuai dengan ukurannya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru