Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tips agar Tak Kebablasan Pakai Kartu Kredit di Masa New Normal

  • Oleh Teras.id
  • 28 Juni 2020 - 11:20 WIB

TEMPO.COJakarta - Memiliki kartu kredit di zaman modern ini sudah biasa. Kartu ini dapat menjadi bagian penting dari manajemen keuangan yang efektif atau alat yang merusak dan membuat Anda berada dalam situasi yang mengerikan karena terjerat utang.

Bagaimana orang menggunakan kartu kredit akan menjadi faktor penentu apakah kartu itu bisa menjadi penolong atau justru penjerumus, terutama di masa new normal. Penggunaan kartu kredit kemungkinan meningkat dalam beberapa bulan terakhir karena virus corona membuat orang memiliki sedikit masalah finansial.

Pada akhirnya, pengguna kartu kredit harus melunasi utang yang bahkan mungkin lebih buruk dalam jangka panjang karena bunga yang masih harus dibayar. Dalam skenario terburuk, beberapa orang mungkin masih bergantung pada kartu kredit setelah masa pembatasan sosial berakhir meskipun sudah memiliki utang besar.

Untungnya, ada langkah-langkah yang bisa diambil dan saran yang bisa diperhatikan ketika mengatur pengeluaran. Holly Andrews, Direktur Pelaksana KIS Finance, memberikan kiat untuk memastikan kartu kredit digunakan secara efektif.

Berhenti memperlakukan kartu seperti pinjaman
Perubahan perspektif yang sederhana bisa bermanfaat dalam jangka panjang. “Salah satu hal terburuk yang dapat dilakukan dengan kartu kredit adalah memperlakukannya seolah-olah itu pinjaman, dan terutama jangka panjang," ujarnya, dikutip dari Express.co.uk.

“Kartu kredit harus digunakan untuk kebutuhan, bukan hal yang diinginkan, seperti bahan makanan dan kebutuhan pokok, dan tidak untuk pengeluaran mewah seperti liburan dan barang-barang desainer," katanya.

Dia menjelaskan meskipun begitu kartu kredit sangat membantu dan bisa menjadi penyelamat jika ada keadaan darurat dan Anda tidak memiliki pilihan alternatif.

Jangan maksimal
Beberapa orang mungkin melihat apa yang kartu kredit mereka berikan sebagai uang gratis, tetapi ini bisa sangat merusak. "Meskipun sangat menggoda untuk menghabiskan semua limit kredit, melakukan hal itu benar-benar akan menjerat. Cara yang masuk akal untuk menggunakan kartu kredit adalah dengan hanya menghabiskan maksimal 50 persen dari batas setiap bulan karena, pertama, akan lebih mudah untuk dilunasi secara penuh setiap bulan dan, kedua, itu benar-benar akan meningkatkan nilai kredit."

TERAS.ID

Berita Terbaru