Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

12 Dinas di Pulang Pisau Rakor Gugus Tugas Reforma Agraria

  • Oleh Asprianta
  • 16 April 2021 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN ) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) tahun 2021.

Kepala Kantor ATR/BPN Pulpis Iwan Susuanto mengatakan Gugus Tugas Reforma Agraria atau GTRA merupakan ajanh kerjasama antara tim konsultan perorangan dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Pulang Pisau.

Kegiatan itu diikuti oleh 12 Dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulpis sebagai peserta kegiatan.

"Ada 12 Dinas yang terlibat langsung mengikuti Rakor GTRA ini. Dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran kegiatan-kegiatan yang akamln dilaksanakan dalam Gugus Tugas Reforma Agraria," kata Iwan Susanto, Jumat (16/04/2021).

Pria asal Tumbang Samba Katingan imi menyampaikan kebijakan reforma agraria merupakan upaya untuk menata kembali hubungan antara masyarakat dengan tanah.

Kegiatan itu meliputi dari pendataan TORA dan pengembangan penataan akses, integritas penataan aset dan penataan akses, dan sebagai pilot projek kampung reforma agraria.

"Yakni, menata kembali penguasaan, pemilikan, penggunaan dan panfaatan permukaan bumimyang berkeadilan," ungkapnya.

Di kabupaten Pulang Pisau telah melakukan upaya penataan kembali reforma agraria dengan dibentuk Tim GTRA berdasarkan surat keputusan Bupati Pulang Pisau Nomor 127 Tahun 2021 tentang penetapan Tim GTRA tahun 2021.

"Tim GTRA ini langsung di ketuai oleh Bupati dan wakil Ketua Sekta dengan Ketua Pelaksana Harian Kepala Kantor Pertanahan," ucapnya.

Iwan juga menyampaikan, guna memastikan pelaksana reformasi agraria sebagaimana di atur dalm PP Nomor 86 Tahun 2018 berjalan efektif dan berhasil mencapai tujuannya serta sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, maka Direktorat Jenderal Penataan Agraria menyusun panduan pelaksanaan GTRA untuk memberikan arah petunjuk dan menjadi pedoman kerja dalam menyelenggarakan GTRA di tingkat pusat.

Berita Terbaru